Buah Tomat


Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan Tubuh - Mungkin anda mengira tomat masuk dalam kategori sayuran, tapi sebenarnya tomat ini masuk dalam buah-buahan. Sama seperti teh, buah tomat juga banyak sekali kegunannya, buah tomat bisa disayur, dibuat jus, bahkan bisa dimakan mentah-mentah. Manfaat dengan memakan buah tomat sendiri sangat banyak, karena tomat mengandung banyak nilai gizi.
Satu buah tomat dengan ukuran sedang mengandung beberapa nilai gizi berikut :
  • 22 kalori
  • 0g lemak
  • 5g karbohidrat
  • 1g serat
  • 1g protein
  • 6mg sodium
Di samping kandungan gizi di atas, buah tomat juga mengandung vitamin diantaranya.
  • 40% Vitamin C
  • 20% Vitamin A
  • 2% Zat Besi
  • 1% Kalsium
Manfaat Buah Tomat Bagi Tubuh :
1. Buah Tomat dapat menangkal penyakit kanker
Beberapa penelitian yang telah dilakukan menemukan bahwa ternyata dengan memakan buah tomat secara teratur dapat menghindari kemungkinan terkena penyakit kanker, terutama kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker lambung. Karena dalam buah tomat terdapat zat yang bernama lycopene. Nah, dengan memakan buah tomat dicampur minyak zaitun dapat membantu lycopene diserap tubuh lebih baik. 
2. Buah Tomat dapat mencegah kerusakan DNA dalam tubuh
Seperti yang telah dijelaskan di atas, buah tomat mengandung Vitamin A dan Vitamin C, vitamin inilah yang dapat membantu menangkal radikal bebas sehingga otomatis dapat mencegah kerusakan DNA. Kerusakan DNA biasanya terjadi pada orang yang telah berumur yang menyebabkan asterosklerosis dan diabetes.
3. Buah Tomat dapat mencegah penyakit jantung
Di dalam buah tomat terdapat beberapa nutrisi seperti niacin, asam volat dan vitamin B6. Nutrisi penting ini sangat membantu dalam menangkal penyakit jantung. Dalam sebuah studi diungkapakan, perempuan yang memakan buah tomat 7-10 buah setiap minggunya 29% lebih rendah resiko terkena penyakit jantung dibandingkan dengan yang memakan hanya 1 buah tomat setiap minggunya.
4. Buah Tomat dapat melindungi trombosis dalam darah
Jika anda suka meminum jus tomat 8 ons sehari maka akan melindungi darah anda dari trombosis. Trombosis itu sendiri adalah gumpalan darah di dalam pembuluh darah.
5. Buah Tomat dapat mencegah peradangan
Dengan meminum segelas jus tomat setiap harinya maka dapat membantu mengurangi kadar TNF-Alpha sebesar 34%. TNF-Alpha ini salah satu penyebab peradangan. TNF-Alpha biasanya dapat ditemui pada penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, kanker, osteoporosis dan Alzheimer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pantomim

Bucin

Sukses bikin melting